Monday, August 02, 2010

Kesadaran Lingkungan Melalui Kamar Tidur Anak

Mari kita teteskan kesadaran lingkungan pada anak-anak kita sejak usia dini. Kesadaran ini belum tentu bisa didapatkan langsung melalui buku-buku pelajaran yang ada. Perlu dipikirkan media yang tepat agar anak-anak dapat belajar lebih awal. Walaupun anak-anak belum dapat berpikir komprehensif, anak-anak biasanya memiliki pola pikir mereka sendiri. Oleh karena itu, tidak sama dengan cara orang dewasa belajar dan memahami sesuatu. Menurut ahli bahasa bentuk Prof Primadi Tabrani, anak-anak lebih mudah menyerap informasi secara visual. Ini berarti bahwa anak- anak hanya dapat memahami informasi dalam bentuk gambar atau sesuatu yang dapat dilihat jelas oleh mata dan jiwa mereka.
Prinsipnya adalah jelas sama dengan ucapan khas Amerika, "Melihat adalah Percaya." Berdasarkan teori-teori yang ada, kita harus lebih kreatif dalam menyampaikan informasi tentang kesadaran lingkungan hidup kepada anak-anak kita. Salah satu cara adalah dengan merubah kamar tidur anak dengan  ornamen pendukung, seperti menambahkan warna cerah pada salah satu dinding. Agar anak-anak Anda  mencintai lingkungan, perlu diciptakan sebuah rancangan yang bisa mengarah kesana. Misalnya mengatur tata ruang kamar dengan spasial lebar yang juga dapat menghemat energi listrik. Aksesoris dekoratif juga perlu di dalam kamar dengan aroma alami, sehingga terlihat seperti berada di tengah hutan alam. Biarkan terlihat lebih alami, perlu cat kamar dengan warna hijau rerumputan atau coklat tanah.
Cara lain, tempat di mana kita bisa tidur di lantai agar seolah2 berkesan seperti berkemah, tanpa menggunakan kasur. Tambahkan hewan mainan atau spesies tanaman untuk memperkuat suasana alam. Bisa dijamin, anak-anak akan senang, kitapun dapat santai. 
Sudah waktunya kita mengajarkan anak-anak untuk lebih akrab dengan alam melalui program yang lebih praktis dan efektif. 

Dikirim oleh itsnaini Kurnia di 2: 09:00, Link ke posting ini, 4 komentar Label: anak-anak, ruang inspirasi. http:// rumahidamanku.blogspot.com/ 
Minggu, 17 Jan 2010

No comments: